Tuesday, May 27, 2008

Gara-gara Kenaikan BBM

Gara-gara kenaikan BBM:

Saya mimpi seram. Ceritanya begini, saya pergi ke warung untuk beli beras 1 karung, plus beberapa camilan ringan. Waktu saya tanya harga belanjaan saya, empunya warung bilang, "Mbak, apa nggak saya ngabisin duit 1 juta untuk begini doang?"

Dalam mimpi, saya melongo. "Loh, memang semua belanjaan saya ini berapa, Pak?" tanya saya. Dijawab oleh si bapak, "Satu juta, Mbak." Secara spontan, saya bangun dari tidur saya! Norak ya, tapi mungkin ada orang lain yang punya mimpi seram serupa?

Di hari ulang tahun saya, saya mesti panas-panasan menunggu taksi yang ramai penumpang. Hiyak! Apa lagi kalau bukan karena kemarin, tanggal 26 Mei 2008, angkutan umum pada mogok narik penumpang. Alasannya, BBM naik harga. Mereka menuntut harga BBM diturunkan lagi. Ugh, tapi kok ya pakai mogok kerja segala ya. Padahal asli deh, biarpun harga angkutan umum dinaikkan secara liar oleh Organda dan ada beberapa yang tarifnya di luar akal sehat, banyak kok penumpang yang akhirnya rela--meski terpaksa--mengeluarkan uang lebih untuk naik angkutan. Saya ini loh, salah satunya.

Saya sedih. Ikapi mengumumkan bakal menaikkan harga buku jadi 20-30 persen. Karena apa? Ya apa lagi kalau bukan karena harga BBM naik. Ongkos produksi dan distribusi kertas dan buku melonjak. Oh Tuhan, makin berat saja jalan jadi orang pintar. Bagaimana dengan harga buku impor, ya?

Tarif angkutan jarak dekat jadi Rp2.000. Tarif angkutan Pamulang - Lebak Bulus jadi Rp5.000. Tarif angkutan Parung - Lebak Bulus jadi Rp6.000. Tarif Patas AC Ciputat - Gajah Mada jadi Rp7.000. Argh, mahal banget! Bagaimana tarif taksi besok ya? Tunjangan transportasi orang kantoran mungkin nggak ya dinaikkan?

Ke supermarket sekarang, bawa duit Rp200.000 cuma dapat barang pritilan dan sedikit camilan. Saya perhatikan, harga roti juga mulai selangit. Harga tepung sudah naik lebih dulu sebelum harga BBM naik. Mungkin nggak, harga tepung bakal naik lagi?

Rupiah terasa tiada artinya.

Keluhan ini mungkin akan berlanjut...

Gambar diambil dari newsimg.bbc.co.uk.

1 comment:

thereburn said...

walopun bbm naek, tetep ngerayain ulang taun kan jeng?...
hepi b'day ya jeng, sori telat banged gw :(