Saturday, January 19, 2013

Serendipity

Gambar: namebrandketchup.wordpress.com

“Cara kerja alam semesta itu luar biasa, ya!” Entah berapa kali, dan berapa orang kawan pernah mendengar saya mengucapkan kalimat ini. Semoga mereka nggak bosan mendengar itu. Hahaha.

Pernah mendengar istilah “serendipity”? Serendipity adalah kebetulan atau kejutan yang menyenangkan yang terjadi dalam hidup kita. Misalnya, kita bertemu dengan seseorang yang kita pikirkan, tanpa kita berusaha untuk mencarinya. Atau, kita mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, tanpa kita berusaha mendapatkannya.

Nah, saya percaya dengan serendipity. Menurut saya, serendipity berhubungan dengan faktor luck dan law of attraction. Makanya saya sangat kagum dengan cara kerja alam semesta.

Posting kali ini adalah lanjutan dari posting sebelumnya, Keep Your Dream Alive. Kenapa saya pengin banget menulis soal serendipity? Karena saya sering sekali mengalaminya. Yah, setidaknya menurut perasaan saya. Contohnya? 

Yang sederhana sih, misalnya saya lagi kangen dengan kawan lama saya. Tiba-tiba dia menelpon saya dan bilang kangen. Atau, ketika saya lagi kepengin bertemu dengan sahabat saya, dan kami membuat jadwal untuk bertemu besok. Eh, tiba-tiba hari ini kami secara nggak sengaja bertemu di suatu tempat. Padahal, janjiannya masih besok...

Serendipity yang wow itu—jangan bosan kalau sudah pernah dengar ini sebelumnya—adalah ketika saya punya keinginan untuk pergi ke Roma. Secara nggak sengaja, saya berkenalan dengan sobat saya Toni, blogger dari Makassar. Dia singgah ke blog saya ini karena penasaran dengan nama saya, Restituta, yang penggalannya seperti nama karakter bocah di cerpen yang dia buat, Tuta.

Dari blognya, saya tahu Toni sering plesiran keliling dunia. Dan ternyata, dia berniat untuk pergi ke Eropa lagi. Dari Toni, saya lalu berkenalan dengan Agnes yang tinggal di Jerman. Dari Agnes, saya mengenal Astrid, kawannya yang tinggal di Jakarta, yang juga berencana ke Eropa. Secara kebetulan, saya menemukan kawan jalan dan sahabat-sahabat baru. 

Nggak berhenti sampai di situ. Semesta masih mendukung saya. Beberapa proyek datang dan mengisi tabungan traveling saya. Dan yang nggak kalah penting, cuti panjang saya disetujui oleh kantor. Tuh kan, kebetulan yang menyenangkan. Pada akhirnya, bukan Roma saja yang saya kunjungi, tetapi juga beberapa kota lain di beberapa negara di Eropa. Seru, ya!

Contoh serendipity lain yang pernah saya alami... wah, ada banyak! Tetapi yang pasti, sekarang saya 'mencatat' siapa saja orang-orang yang saya kenal, pernah lihat, dan pernah saya temui. Mereka seharusnya nggak sekadar “numpang lewat” dalam hidup saya. Tuhan kan bekerja dengan cara yang misterius dan menyentuh kita lewat orang-orang di sekitar kita. Begitu juga alam semesta.

Oiya! Coba nonton film Serendipity deh. Saya suka film bergenre komedi romantis ini, apalagi yang main cakep-cakep, John Cusack dan Kate Beckinsale. Aih, bikin saya pengin punya cerita cinta seperti itu. Hahaha.

Jadi, apa harapan kamu? Dream big, keep it alive, and trust the Universe. Mimpi, doa, dan harapan akan menuntun kita pada serendipity. Semangat dan stay positive ya!

30 comments:

AJIR said...

dan percayakah kamu kak
mungkin krn "Serendipity" ini aku mengunjungi & memfollow blogmu, dr foto dgn text

"Serendipity
(n) find something good without looking for it"

dsebuah fanspage, lalu iseng googling dgn katan kunci "serendipity" dan link blogmu jd salah satu yg terpajang dipencarian. ya bagiku ini menyenangkan :D

Rani Gitayati said...

^Suka komennya.. :D

Febriani Kho said...

I was curious about serendipity and found this. Nggak telat kan baca ini di tahun 2016? Hehe. Tulisannya sangat menarik :)

Febriani Kho said...

I was curious about serendipity and found this. Nggak telat kan baca ini di tahun 2016? Hehe. Tulisannya sangat menarik :)

Unknown said...

baru sadar serendipity hampir sama dengan konsep law of attraction.
inilah kehidupan kita, alam dapat bersinergi juga di hidup kita.
penyampaiannya asik banget, sukses terus :)

Livery Antiques said...

akhirnya nemu juga makna serendipity lengkap dengan contoh kejadian... memang dunia ini penuh dgn kebetulan yg tak terduga, tapi aku yakin kebetulan2 yg 'menimpa' kita sebenarnya sdh diatur...

salam kenal :)

reyhangaul said...

Gegara nonton MV ZAQ - Serendipity, aku jadi penasaran sama Serendipity & berakhir disini^^

Unknown said...

When bts realease the trailer, and the title is "serendipity" i go to google and found you, thanks...

Unknown said...

Army? I feel what you feel

Unknown said...

Thanks kak.. sebenernya penasaran sama arti serendipity sejak novel karya kak erischa dg judul yg sama terbit. Tapi belum ada keinginan buat nyari. Dan skrg.. teaser BTS muncul dg serendipity. Keajaiban yg tiba" muncul

Ira'Khen said...

Waaw ada Army yaaaaaaa,,,,

Ira'Khen said...

Waaw ada Army yaaaaaaa,,,,

Unknown said...

Gara gara bts serendipity akhirnya gue komen disini, ini adalah serendipity:v

Unknown said...

Percayalah cuma gara gara trailer serendipity nya Jimin saya berakhir di sini so thanks I know what serendipity is

치파 said...

Ah army everywhere, me too. Because of Jimin, I'm here now hehe. Salam kenal :)

치파 said...
This comment has been removed by the author.
fiocia said...

Moga2 gag bosen dengernya. Gara bts ngeluarin mv dgn judul serendipity saya terdampar di sini 😄

Afi Ruyanti said...

Ikut tersangkut disini, serendipity..

Unknown said...

wahhhh... SERENDIPITY BGT.. :D
berawal liat IG nya Shin se kyung ada kata Serendipity blom tau klo judul lagu jimin yg baru serendipity jg, kata itu kaya gk asing dan cari tau lah di google. dan setelah tau maknanya, ini gua bgt hahah sering bgt ngalamin hal kebetulan yg tak terduga2. :) ommoo... dan kmd lgi pgn liat lagu barunya jimin bts ternyata judulnya SERENDIPITY. omg.. bener2..

Unknown said...

Makasih ka,aku penasaran gtu sebenernya cari arti Serendipity karena Jimin BTS trealer nya Serendipity��, jadi malu..

Unknown said...

Woooowwww army pada muncul hehe.. thanks buat pengetahuannya tentang serendipity.. mantap

Unknown said...

Iseng-iseng googling serendipity gara-gara MV BTS nemu artikel kaya gini hm bermanfaat sekali😊

Taa Rii said...

Hay, ARMY! 😃😃😃
Karena BTS juga aku nyari maksud dari Serendipity. Dan ketemu deh dengan blog ini. Jadi ngerti maksudnya. Hehehee... Terima kasih, kakak, karena udah bahas serendipity dengan bahasa yang mudah dipahami. 😊😊😊

Unknown said...

Okay.. can we call this Serendipity?
Thank you So much :)

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Kalo misalnya nih, tanpa sengaja si A sama si B dari kelas 1 smp sampai kelas 3 smp satu kelas terus, eh pas sma sekelas lagi, karna sistem di sma dari kelas 1-3 gadiubah lagi otomatis sekelas lagi selama 3 tahun di sma dan saat kelas 2 sma si A pindah rumah, eh ternyata rumahnya depanan sama si B. Itu termasuk serendipity ga ?

Bales ya hehe

Shofa Humairo said...

Terimakasih telah menjawab keingintahuan aku kaaa, nice post btw

Shofa Humairo said...

Iya kayanya

Unknown said...

Karena serendipity nya Jimin aku jadi penasaran dan nyasar disini huhu 😂

Unknown said...

Serendipity sekali berada disini. Thanks kak. Thanks jimin😁