Monday, September 24, 2012

Startup, Indonesia!



Thank God! Setelah melalui proses yang nggak singkat, buku ini akhirnya terbit dan sudah beredar di toko buku sejak pertengahan September 2012. Buku berjudul Startup, Indonesia! (Inspirasi dan Pelajaran dari Para Pendiri Bisnis Digital) ini saya tulis bersama kawan saya, Reney. Dan kami sangat berterima kasih kepada semua pihak, para sahabat, teman, mentor, supporter, yang sudah mendukung kami sampai terwujudnya buku ini.

Kenapa kami menulis buku ini?

Jadi begini. Berita seputar industri digital dan startup kian santer sejak dua tahun lalu. Ingat waktu Koprol diakuisisi oleh Yahoo? Nah, akuisisi itu menyulut semangat anak-anak muda dan para pelaku industri kreatif untuk mendirikan startup digital.

Keren ya? Mendirikan startup lantas seperti menjadi sebuah euforia. Mulai banyak startup baru bermunculan. Muncul pula komunitas-komunitasnya. Dunia digital jadi semakin meriah lagi dengan munculnya berbagai inkubator, investor, dan pemodal ventura. Perusahaan-perusahaan dotcom dunia pun mulai masuk ke dalam negeri. Berbagai kompetisi juga dihelat untuk mencari bibit-bibit startup yang menjanjikan potensi. Yes! Isu akuisisi dan investasi startup membangkitkan industri digital di Indonesia.

Kami penasaran dan banyak mengikuti berita seputar startup dan industri digital. Sudah banyak media mengekspos soal itu. Tetapi, kebanyakan berita yang mereka tampilkan ya tentang startup yang kelihatannya sukses, diukur dari akuisisi dan investasi yang mereka peroleh. Padahal, kami juga pengin tahu apa saja sih, tantangan yang harus dihadapi oleh startup dan para pendirinya untuk bertahan dan bertumbuh.

Jadi, buku ini berawal dari keinginan kami untuk belajar tentang industri digital. Dan lewat buku ini, kami ingin membagi ilmu dan wawasan yang kami perolah dari para praktisi di industri tersebut, kepada banyak orang.

Untuk siapa buku ini?

Buku ini kami susun untuk siapapun yang tertarik dengan industri digital, mereka yang ingin mendirikan bisnis digital, sedang mendirikan bisnis digital, atau sekadar ingin tahu tentang industri ini.

Kami berharap buku ini dapat menginspirasi sekaligus memberikan wawasan kepada para pembaca tentang bagaimana merintis, membangun, dan mempertahankan sebuah startup.

Selamat membaca ya. Semoga teman-teman terinspirasi oleh pengalaman orang-orang di buku ini.

Info tentang buku ini bisa dibaca di startuplokal.org atau startupbisnis.com.

Gambar: Dok. PBK

2 comments:

Ni Ketut 'epi' Susrini said...

waaah... aku baru tau soal buku ini.. Selamat ya, Ajeng... semoga sukses bukunya. Dan pasti abis ini bakalan menyusul buku2 berikutnya. Mantap Jeng.

Restituta Arjanti said...

Amin. Makasih ya, Epi. Hihihi, aku terinspirasi Epi nih :')