Wednesday, October 10, 2012

Mimpi Indonesia Bebas Korupsi



Beberapa minggu lalu, seorang kawan bercerita tentang koleganya yang melakukan korupsi di perusahaan tempat si kolega bekerja. Singkat cerita, si kolega itu menggelapkan uang perusahaan senilai sekitar Rp200 juta. Itu yang ketahuan...

Beberapa minggu lalu juga, saya naik taksi sepulang menghadiri sebuah konferensi di Jakarta. Lalu-lintas ibu kota, seperti biasa, padat. Sepanjang perjalanan, sopir taksi mengeluh soal korupsi. "Jakarta ini macet, sudah kebanyakan mobil. Banyak yang korupsi, sih!" kata dia.

"Loh, apa hubungannya macet dengan korupsi, Pak?" tanya saya.

"Yah, banyak orang bisa punya mobil bagus kan ya paling dari korupsi," jawabnya.

Saya tertawa. "Itu mungkin saja, tapi belum tentu, Pak. Siapa tahu mobil-mobil itu belinya nyicil. Boleh ngutang mereka itu, Pak." Hahaha duh, ini seperti curcol saja.

"Iya sih, mbak. Habis saya kesal...," kata si bapak. Obrolan berlanjut soal berita-berita korupsi di Indonesia.

Sedih ya...

Ini lebih sedih lagi. Akhir bulan lalu, saya baru sadar bahwa jumlah pajak yang saya bayarkan dalam setahun jumlahnya hampir sama dengan penghasilan pokok saya dalam sebulan. What?! Itu artinya, ada satu bulan dalam hidup saya, di mana saya bekerja penuh hanya untuk membayar pajak. Wah, rasanya nggak rela. Apalagi, pajak yang kita bayar bukan hanya pajak penghasilan (pph) kan. Kalau kita makan di restoran, ngopi-ngopi di kafe, atau beli pakaian pun, kita dikenakan pajak. Tabungan kita di bank pun, dikenai pajak! Sementara itu, fasilitas publik apa saja yang benar-benar bisa kita nikmati sekarang ini?

Iiiih, nyebelin banget! Sementara kita masih sering disuguhi berita tentang pejabat pajak yang korupsi.

Nah, saya benci banget sama koruptor. Tapi, soal wacana tentang hukuman mati untuk koruptor saya nggak setuju. Menurut saya, untuk menimbulkan efek jera, lebih baik jika para koruptor dimiskinkan dan dihukum seumur hidup. Setiap harinya di sel, mereka harus terima hukuman dikelitikin sampai mengompol. Dan, jangan ada remisi untuk mereka.

Saya bukan pengamat hukum dan politik. Saya hanya salah satu orang yang bermimpi Indonesia bisa semakin maju, dan bersih dari korupsi. Semoga Komisi Pemberantasan Korupsi bisa melakukan tugasnya dengan baik, dan semoga para koruptor itu bisa insyaf, ya. Save KPK, save Indonesia!

Gambar diambil dari sini.

No comments: