Monday, May 31, 2010

Pax-et Bonum

Sebelum pergi jalan-jalan, awal Mei lalu, seorang teman sempat menitip salib Tau kepada saya. "Gue nitip Tau ya, Jeng!" katanya.

"Tau? Apaan, tuh?" tanya saya. Saya baru tahu kemudian bahwa Tau adalah salib yang diperkenalkan oleh Santo Fransiskus dari Asisi. Salib tersebut bisa dilihat pada kalung yag digunakan para biarawan dari Ordo Fransiskan. Bentuk simpel, seperti huruf "T".

Saya tanya ke kawan perjalanan saya mengenai salib itu. Katanya sih ada banyak di Roma, selain di Asisi tentunya. Di bayangan saya saat itu, salib Tau berbentuk besar. Jadi, saya sempat malas juga waktu dititipi benda itu. :p

Ternyata oh ternyata, nggak ada tuh salib Tau yang berbentuk besar. Waktu mencari Tau berukuran besar, saya malah ditertawakan oleh kawan saya. Iiih! Memang sih, Tau umumnya dipakai sebagai bandul kalung. Karena itu ukurannya kecil-kecil.

Di salah satu toko di Roma, Comandini, yang direferensikan oleh kawan saya, Agnes, saya menemukan Tau. FYI, menurut Agnes, Comandini menjual souvenir-souvenir rohani dengan harga yang bagus. Toko itu pun biasa menyuplai perlengkapan gereja, termasuk jubah-jubah bagi para pastor. Selain Comandini, ada satu toko lagi yang bisa disambangi. Namanya Soprani.

Buat teman-teman yang kebetulan ingin main ke Roma, Comandini ada di Borgo Pio 151, Roma. Lokasinya nggak jauh dari Basilica St. Petro.

Yang menarik perhatian saya adalah tulisan yang ada di atas salib Tau yang saya beli. Pax-et Bonum. Apa artinya? Well, I did a little research in Google. "Pax-et Bonum" ternyata kalimat yang biasa digunakan oleh St. Fransiskus Asisi untuk menyapa orang-orang yang ditemuinya dalam perjalanan. Artinya "peace and all good (be with you)". Nice words, ya.

Gambar diambil dari sini.

No comments: