Tuesday, March 10, 2009

Bikin Wajah Manga Sendiri


Avatar. Menurut Wikipedia, dalam agama Hindu, istilah itu sering disebut juga “awatara” alias makhluk surgawi. Istilah ini kini beken di dunia internet, dipakai untuk menyebut ikon grafis yang dipakai sebagai representasi wajah penggunanya. Pengguna ikon ini makin banyak. Contohnya pada layanan instant messenger macam Skype dan Yahoo!Messenger.

Saya sendiri sudah beberapa kali bikin avatar. Tentunya nggak bikin sendiri, tapi memanfaatkan fasilitas gratisan di internet. Kalau nggak salah, avatar ini pertama kali diperkenalkan oleh Y!M. Terus terang, saya nggak suka memajang foto sendiri di Y!M. Jadi saya lebih suka menghias kotak foto di layanan instant messenger itu dengan gambar ilustrasi atau avatar.

Sama seperti saya, mungkin, banyak pengguna internet juga lebih suka memasang avatar di internet ketimbang memasang foto aslinya. Kenapa begitu? Avatar bisa tampil lebih menarik, khas manga alias kartun Jepang. Unik.

Susah nggak, membuatnya? Nggak, kok. Yang pasti, nggak perlu pintar menggambar untuk punya avatar. Kita kan bisa minta bantuan situs yang menyediakan tool gratisan. Salah satunya―saya nggak sengaja menemukan situs ini―www.faceyourmanga.com.

Di situs ini, kita bahkan bisa menambah kerutan-kerutan, atau tanda lahir seperti tahi lalat dan bintik-bintik pada wajah avatar. Yang punya janggut pun bisa memasang janggut di avatarnya. Bentuk wajah (bundar, persegi, atau lonjong), mata (besar atau sipit), bibir (tebal atau tipis), rambut (panjang atau pendek) bisa kita tentukan sendiri.

Untuk membuat avatar di situs ini gampang, tinggal mengikuti petunjuk yang tersedia. Simpel, nggak makan banyak waktu.
  1. Masuk ke www.faceyourmanga.com. Pilih jenis bahasa yang dimengerti dengan mengklik ikon benderanya.
  2. Di halaman baru yang terbuka, klik “Face Your Manga” pada baris menu di bagian atas browser.
  3. Halaman baru akan terbuka. Pilih “Create” untuk memulai.
  4. Pilih jenis kelamin untuk avatar Anda.
  5. Setelah halaman untuk menciptakan avatar muncul, Anda bisa mulai bereksperimen. Pilih bentuk wajah yang sesuai dengan wajah atau karakter yang Anda inginkan. Situs ini menyediakan beragam opsi bentuk wajah berikut detail-detailnya, seperti bentuk mata, hidung, bibir dan mulut, dan telinga. Anda juga bisa mengatur gaya rambut, jenis pakaian, serta perlengkapannya. Misalnya jaket, topi, dan kacamata. Background avatar berikut riasan yang ingin dikenakan.
  6. Setelah selesai, klik “Finish”.
  7. Isi data dan alamat email Anda. Avatar buatan Anda akan dikirim ke alamat email itu. Gampang kan?

7 comments:

ketut epi said...

kalau yg aku tau, Awatara itu artinya perwujudan Dewa Wisnu yg turun ke dunia. Ada 10 Awatara, yang muncul saat dunia ada dalam kondisi urgent, dst...

Avatarnya bagus Jeng, kok ga dipasang di Y!M juga? :)

aura-azzura said...

thx untuk tipsnya, Jeng!
ntar kucoba deh... :)

indonesia said...

doh...aku tak tertarik...

Restituta Arjanti said...

@epi: nah, aku baru tau tuh. makanya kusebut "menurut wikipedia". kebudayaan Hindu menarik banget ya. avatarku blm dipasang di YM, pi. malah uda lupa apa gambar yg kupasang sekarang. uda lama ga pake YM, beralih ke adium sejak 1thn lalu.

@aura-azzura: syeep! :)

@indonesia: haha, gak ada paksaan utk mencoba kok.

emmet24son said...

wah, klo gw sih lebih demen nongolin poto khas gw di internet jeng. udah gak bisa dipisahkan antara emmet24son dan kumis ijo ituh :P

dhie said...

Uuhhmm.. jd pengen belajar bikin avatar neh. Ajarin dunk *mode.ngarep.net*

Restituta Arjanti said...

@emmet24son: kumis ijo uda jd trademark lo, man. tetap pertahankan! :p

@dhie: wah, aku jg ngandalin layanan gratisan buat bikin avatar mas. hayuh dijajal! :D