Wednesday, December 19, 2007

Selingkuh karena Nggak Puas

Oh ouw, kamu ketahuan pacaran lagi, dengan dirinya, teman baikku…
Sekarang selingkuh jadi tren (lagi), ya? Beberapa kali saya mampir ke pusat perbelanjaan, saya dengar lagu-lagu yang diputar di sana—meskipun artisnya beda—mengusung “selingkuh” sebagai tema utama. Ada sih beberapa lagu yang masih enak nyantel di telinga, tapi banyak juga yang lirik dan musiknya payah.

Selingkuh. Sejak jamannya King Arthur, selingkuh sudah berjaya. Lancelot, yang kalau di film selalu ditampilkan sebagai karakter keren berwajah tampan, selingkuh dengan Guinevere, istri Arthur. Kasihan Arthur.

Selingkuh juga berhasil nyetanin banyak manusia abad 21. Ah, nggak usah jauh-jauh, di dekat kita juga banyak contoh kasusnya. Selingkuh malah sudah jadi gaya hidup, dan (sepertinya) posisinya makin dianggap sah.

Kenapa sih mesti selingkuh? Nggak puas sama pasangan, ya?

I’d tell you my secret if you tell me yours, kata dr. Shepherd pada dr. Burke, di ruang operasi.
Okay, kata dr. Burke.
I met Meredith in Joe’s bar. I drunk, she drunk, I took advantage on her, she took advantage on me. It was my first night here in Seattle. My wife slept with my best friend, my life screwed, and I saw her as my initiation here, kata Shepherd.
I see, kata Burke.
Now, tell me your secret, tagih Shepherd.
I have no secret, that’s my secret, kata Burke.
Haha!

Kita lihat kasus dr. Shepherd. Istrinya Addison, sama-sama dokter bedah, selingkuh dengan teman dekatnya. Alasan sang istri, suaminya terlalu sibuk dengan pekerjaannya, selalu sibuk di ruang operasi. Dia butuh perhatian, dan dia mendapatkannya dari Mark, sahabat Shepherd.

Satu alasan mengapa orang selingkuh: nggak puas dengan pasangan.

Shepherd akhirnya pindah dari Manhattan ke Seattle, dan bertemu Meredith. Mereka pacaran. Meredith nggak tau kalau Shepherd sudah menikah, sampai akhirnya Addison muncul sendiri di hadapan mereka berdua.

Okay, what would you do to Shepherd if you were Meredith? Kalau saya, mungkin bakal ngegampar si Shepherd lantaran sakit hati. Tapi kalau saya betul-betul berada di posisi perempuan itu, saya mungkin bakal terbengong-bengong kaget, dan yang pasti sedih sekali, sampai-sampa nggak ingat untuk menampar si brengsek itu. Sigh, terlanjur cinta sama Shepherd.

Meredith akhirnya memberi penawaran pada Shepherd, pilih Addison atau dia. Shepherd nggak tega untuk menandatangani surat cerai dengan Addison, dan memilih untuk meninggalkan Meredith. She’s my wife, begitu alasan Shepherd. Biarpun istrinya sudah pernah mengkhianatinya, dokter itu memilih untuk mempertahankan istrinya, keluarganya, ketimbang pacarnya.

Satu alasan untuk tidak selingkuh dengan istri atau suami orang: mereka pasti akan memilih keluarganya, atau pasangan sahnya, daripada pacarnya. Lihat, rugi kan selingkuh sama pasangan orang?

Shepherd dan Addison serumah lagi, baikan lagi. Meredith merana sendiri, jadi bahan gunjingan orang-orang di lingkungan kerjanya. Kasihan Meredith.

Saat Meredith berusaha melanjutkan hidupnya, kencan dengan pria lain, gantian Shepherd yang cemburu. Hidih, apa sih maunya laki-laki ini?

Di sebuah pesta, Meredith datang berpasangan dengan seorang dokter hewan yang ganteng, jelas-jelas baik dan jujur di awal kalau dia single. Hiya, Shepherd yang datang berpasangan dengan Addison malah nggak bisa melepas pandangan dari Meredith.

Perempuan yang lebih muda memang kelihatan lebih bersinar mungkin, ya? Akhirnya di pesta itu, Shepherd malah ngikutin ke mana Meredith pergi. Dan akhirnya pengin mereka kembali berdua. Ugh, dasar plin-plan.

Alasan Shepherd untuk (gantian) selingkuh dari istrinya: tidak puas dengan pasangannya. Jadi sebenarnya, menurut saya, ketidakpuasan terhadap pasangan menjadi alasan bagi seseorang untuk selingkuh.

Bagaimana kelanjutan kisah cinta Meredith Grey dan Derek Shepherd? Kita tunggu saja di Grey’s Anatomy season ke-3. Saya baru nonton sampai akhir season 2. Tiap saya nonton serial ini, saya berdoa, semoga muncul tokoh pria baru yang gantengnya, pintarnya, dan baiknya pol untuk bersanding dengan Meredith. Haha! Eits, tapi ini nggak berarti saya nggak suka dengan karakter Shepherd ya.

Catatan singkat: Saya nggak mau menulis masalah selingkuh lebih dalam lagi, ah. Menurut saya, cuma orang bodoh yang mau pacaran dengan pasangan orang, atau jadi selingkuhan.

No comments: