Saturday, December 14, 2013

Batal Nonton “Loi Krathong”




Akhir November lalu, saya dan 2 orang kawan jalan-jalan ke Thailand. Tujuan utama kami adalah Chiang Mai, daerah dataran tinggi di utara Thailand. Tetapi, kami juga main ke Bangkok. Rute perjalanan kami: Jakarta – Bangkok – Chiang Mai – Bangkok – Jakarta.

Kenapa begitu?
  1. Kami berangkat dengan penerbangan AirAsia, dan maskapai itu nggak punya rute langsung Jakarta – Chiang Mai.
  2. Satu teman saya punya rencana untuk shopping besar-besaran. Jadi, pulangnya harus dan mesti lewat Bangkok! :D

Awalnya, kami pengin melihat perayaan tahunan Loi Krathong di Thailand. Loi Krathong adalah salah satu tradisi tahunan di Thailand, yang diadakan pada bulan purnama ke-12 menurut perhitungan lunar calendar Thailand.

Perayaan ini diadakan untuk menyembah dan memohon maaf kepada para dewa mereka—Shiva, Vishnu, dan Brahma. Pada perayaan ini, masyarakat Thailand yang mayoritas beragama Buddha mengapungkan lentera-lentera di sungai untuk sebagai bentuk penyembahan dan permohonan maaf kepada para dewa mereka. 

Katanya, perayaan Loi Krathong terbesar di Thailand diadakan di Chiang Mai. Perayaan itu juga diramaikan dengan festival lampion, lomba membuat krathong, dan kontes kecantikan. Nah, bikin penasaran, kan?

Sewaktu memesan tiket perjalanan, saya sudah membayangkan melihat pemandangan lampion beterbangan di langit malam nan cerah berbintang dan lentera-lentera mengapung cantik di aliran sungai yang bakal saya susuri.

Tapi apa daya... Kami belum berjodoh dengan Loi Krathong karena..., kami salah pesan tiket!!! Loi Krathong tahun ini digelar pada tanggal 17 November, kami malah booking tiket untuk tanggal 27 November. Yaelah! :))

Tapi, kami tetap berangkat dong. Singkat cerita, jadilah kami jalan-jalan ke Bangkok dan Chiang Mai. Cerita tentang perjalanan ini berseri ya! :)

No comments: