Thursday, February 26, 2009

Misteri Gigi Tikus

Pagi tadi sobat cewek saya, sebut saja si A, bercerita, colokan listrik di kantornya rusak, nggak bisa dipakai untuk charging baterai laptopnya. Awalnya, si A kuatir. Jangan-jangan yang rusak itu baterai laptopnya.

Lalu, dia pun menjajal charging Blackberry Bold-nya yang berkilau (hihi, canggih pisan deh sobat saya ini!) ke colokan listrik yang sama. Ternyata, juga nggak sukses.

Setelah dicek oleh bagian umum di kantornya, ternyata, yang bermasalah bukan colokan listrik di meja sobat saya itu. Masalahnya ada di kabel sambungan listriknya, dan berpengaruh ke colokan-colokan listrik di meja-meja lain yang sederet dengan meja si A.

Saya bilang, "Paling ada kabel yang putus. Digigit tikus, kali?"
Si A menjawab,"Kayaknya."
Tiba-tiba suatu misteri terlintas di benak saya (tsah!). "Btw, tikus itu sakti juga ya. Sering kan kabel listrik mereka putusin, kok mereka nggak kesetrum ya? Harusnya di kabel itu ada aliran listrik kan?"
"Jangan-jangan mereka bergigi... besi," kata A.

Mencoba mencari jawaban yang lebih scientific, saya tanya ke sobat saya yang lain. "Mas, kalau kita masukin tangan ke stop kontak kan bisa nyetrum ya? Kalau kita megang kabel listrik yang tanpa pelindung, bisa nyetrum juga gak?"
"Nyetrum," jawab dia.
"Tikus itu banyak yang sakti dong mas? Mereka kan suka gigitin kabel, tapi nggak apa-apa. Atau mereka cari tempat lain untuk ngumpet sebelum mati atau pingsan?"
"Iya, itu juga misteri tuh! Kok kuat-kuat ya? Kasa besi pun bisa bolong, tuh."
Ternyata saya pun nggak dapat jawaban scientific dari sobat saya ini. Hahaha...

Kira-kira kenapa ya? Duh, saya kok malas Googling yaaa... Apa benar gigi tikus itu dari besi? Atau air liur mereka mengandung zat yang bisa bikin besi meleleh? Orang saja bisa sakit pes kalau digigit tikus, kan?

Mbuh lah. Yang pasti, saya setuju sama sobat saya, "Pokoknya ngeselin deh 'piaraan rumah' itu!"

Gambar diambil dari www.chemistryland.com.

6 comments:

indonesia said...

komen ah..., gini Res, ada kemungkinan tu tikus ngigitin kabel yg negativenya (lo taukan ada kabel positiv n negativ di kabel?). Nah, kalo cm negativnya aja yaa gk akan kesetrum. Tau dari mana negativ n positiv? tikus kan punya insting jg, jd mana yg membahayakan, dia tau hihiiii...

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
dhie said...

hihihi.... takut liat gigi tikus. *buru-buru kabuuurrrr....* :D

Restituta Arjanti said...

@indonesia: tikus kan memang binatang super. gajah aja takut sama tikus :p

@dhie: wah, saya baru liat buntutnya aja uda takut, mas :D

Anonymous said...

napa ga nanya CGS sih Jeung? kalo nanya pasti dijawab bahwa pada saat tikus menggigit, elektron tidak mengalir melewati tubuhnya karena tidak ada beda potensial atawa beda tegangan yang timbul. adapun beda tegangan ini bisa timbul manakala salah satu titik di tubuh tikus berhubungan dengan tanah (grounded), so elektron bisa melewati tubuhnya (dalam rangka mencari tanah) dan membuatnya hangus atau rambutnya njegrak kaya di pilem2. kira2 gitu deh jawaban dia bakalan..

::FBI::

Restituta Arjanti said...

@fbi: cgs terlalu scientific mas, malah bikin bingung dan menimbulkan pertanyaan-pertanyaan baru. ujung-ujungnya mancing emosi. (lol)

btw, kalo cgs bilang begitu, inilah contoh pertanyaan (misteri) baru tentang tikus yg mungkin muncul. binatang pengerat itu bisa melayang sambil nggigitin kabel?

masih ada pertanyaan lain nih. kayanya emang aku musti tanya cgs yak! :p